mitrasumsel

Bersama membangun Daerah

Muscab HSNI Dibuka Oleh Pj. Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam.

0 0
Read Time:1 Minute, 58 Second

 

Talang Kelapa, Mitrasumsel.com—  Pembukaan Musyawarah Cabang Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (Muscab DPC HNSI) Tahun 2023 dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH digelar di Gedung Danau Tanah Mas, Kecamatan Talang Kelapa, Sabtu (9/12).

 

Hani. S. Rustam menjelaskan bahwa jika dilihat dari luas wilayah Banyuasin 12.262.75 km2 dan perairan dengan luas laut 1.565.97 km2, berdasarkan data statistik jumlah Nelayan Kabupaten Banyuasin mencapai sekitar 17.000 orang sedangkan untuk hasil tangkapan laut berdasarkan data tahun 2022. Kabupaten Banyuasin menghasilkan 48,580 ton serta 10.684 ton untuk tangkapan Perairan Umum Daratan (PUD). Hal ini menunjukkan betapa besar potensi perikanan di Kabupaten Banyuasin.

 

Jadi jelas sekali peranan nelayan sangat penting di Banyuasin, untuk itu saya harapkan HNSI dapat menghasilkan terobosan baru dan dapat memperkuat kehidupan nelayan, hasil tangkapan dan ekosistem di perairan Banyuasin.

Kami titip untuk menjaga kestabilan, keamanan, dan ekosistem lingkungan masing-masing.

 

Dengan adanya Muscab, kita dapat merumuskan permasalah dan solusi. Ketua HNSI harus mensinergikan kepada pemerintah untuk dukungan kegiatan atau program yang ada di HSNI.

 

 

Salah satu peran dan kerja HSNI yakni mengedukasi nelayan untuk tidak menggunakan bom dalam menangkap ikan karena akan mempengaruhi ekosistem. “Kami sudah komunikasikan dengan Danlanal dan Dirpolairud untuk ikut menjaga ekosistem, kalau ada yang tidak baik atau melanggar ditindak tegas karena hasil tangkapan ikan jadi menurun jika melakukan penangkapan tidak secara aturan yang benar.

 

Selain itu juga, HNSI ikut aktif dalam meningkatkan pendidikan di perairan, karena banyak yang tidak melanjutkan pendidikan dan memilih menjadi nelayan karena cepat menghasilkan uang. Ini harus dicari solusinya agar mereka menyadari memgenyam pendidikan itu penting.

 

“Saya juga mendapatkan laporan dari forum kades di perairan, di wilayah desa perairan terlihat gelombang lautnya, khawatir musim hujan turun bisa membanjiri desa-desa disekitarnya. Ini forum yg sangat baik dan strategis, jadi tempat para nelayan berbagi dan mencari solusi dalam beberapa permasalahan yang muncul.” Jelasnya.

 

Dalam momen yang berbahagia ini Pj. Bupati Banyuasin meminta agar masyarakat waspada adanya isu yang beredar terkait pemilu, saya titip melalui wadah HNSI untuk ikut mejaga kenyamanan, keamanan dan keadaan kondusif.

Mendapatkan informasi melalui sosmed untuk hati-hati, lakukan filter agar tidak merugikan oranglain.

 

Selamat atas Muscab, semoga menghasilkan kesepahaman, melakukan terobosan agar dapat meningkatkan kehidupan nelayan di Banyuasin, menjadi ajang untuk bersinergi, berkomunikasi dan berbagi pengalaman.

(IND*)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %