mitrasumsel

Bersama membangun Daerah

Pembukaan Rapat Kerja Daerah 1 DPD (APDESI) di Lubuklinggau Sukses

0 0
Read Time:2 Minute, 16 Second

Lubuk Linggau – Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sum-Sel) H Herman Deru yang di wakili Kepala Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah Dr Sri Sulastri, Secara langsung membuka kegiatan Rapat Kerja Daerah 1 Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Provinsi Sumsel denganTema” Terus Maju untuk Indonesia Maju” yang diselenggarakan di Hotel Cozy Style kota Lubuklinggau, Kamis (24-25/8/2023).

Diselah-selah kegiatan tersebut turut hadir Bupati Kabupaten Musi Rawas (Mura) Hj Ratna Machmud yang diwakili Pelaksa Tugas (PLT) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Insan,selain itu terlihat juga pembina APDESI Provinsi Sumsel Salman Ansori Kades Mura dan kades Mura Tara.

Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sum-Sel) H Herman Deru yang disampaikan oleh Kepala Biro Pemerintah dan Otonomi Daerah Dr Sri Sulastri,mengucapkan selamat malam dan salam sejahtera bagi kita semua.

Sehingga pada malam ini dapat hadir dalam acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) secara perdana Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) provinsi Sumsel yang diselenggarakan pada kota Lubuklinggau.

Semoga acara ini,dapat meningkatkan kinerja dan peran APDESI sebagai pendamping pemerintah daerah guna mewujudkan pembangunan agar lebih maju membangun sinergiritas dalam kebersamaan.

Tentunya sangat diharapkan atas terselenggaranya kegiatan pada malam ini,kedepan APDESI dapat berjalan dengan tertib dan memberikan hasil yang bermanfaat bagi kita semua, khususnya seluruh masyarakat Sumatera Selatan.

Karena peran APDESI sangat penting dalam mengatur penyelenggaraan pemerintahan umum secara berkala, khususnya di bidang penyelenggaraan tata kelola pemerintahan desa, pembedayaan masyarakat desa,dan pelaksanaan layanan publik bagi masyarakat desa.

” Selain itu APDESI juga mempunyai kewajiban untuk mendukung program-program pembangunan termasuk pembangunan dibidang insfratruktur yang saat ini,tenggah digalakan oleh Pemerintah Provinsi Sumsel,”ucap Gubernur.

Ia menegaskan bahwa keberadaan APDESI ini juga diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi dan koordinasi antar kepala desa maupun prangkat desa,serta mampu meningkatkan sinergiritas dan dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan perekonomian desa.

Sehingga dapat terwujud desa-desa yang madiri dan lebih sejahtera,karena undang-undang nomor 6 tahun 2014 sudah mengatur dengan jelas tentang desa,dimana suatu desa mempunyai peranan yang sangat strategis sebagai pendukung keberhasilan pembangunan nasional.

Kepala Desa (Kades) sebagai penagungjawab di daerahnya maka dari itu hendaknya dapat memberikan kinerja yang baik,sehingga dapat menjadi tolak ukur bagi Desa-Desa lain dalam menjalankan dan mengawasi penyelenggaraan pemerintahan di daerahnya.

Dengan demikian APDESI juga diharapkan dapat menjadi pustaka ide dan gagasan dalam mendorong desa,dan melahirkan berbagai inovasi yang akan membawah kemajuan yang lebih baik serta sebagai jembatan komunikasi yang efektif antar Pemerintah.

Serta berbagai elemen sehingga jika terjadi sesuatu permasalahan dapat segera diantisipasi sesuai kewenangan masing-masing.

” Maka dari itu melalui kegiatan ini,adanya kesamaan visi-misi dalam memajukan organisasi yang mendukung kinerja pemerintah desa,serta dapat berbagi informasi maupun kelaborasi untuk mewujudkan keberhasilan Pemerintah Desa,”tegas Gubernur,”(Topo)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %